ge marah

w n mery

Selasa, 12 Agustus 2008

Struktur Jaringan Tumbuhan dan Hewan

Dari penemuan sel dan segala aktifitasnya lahirlah teori sel , bahwa sel merupakan kesatuan struktural , kersatuan pertumbuhan , kesatuan fungsional , kesatuan pertumbuhan , kesatuan heriditas , dan kesatuan reprodksi makhluk hidup . Berdasarkan tip[e sel , sel dibedakan menjadi ddua yaitu sel prokariotik yang tidak memiliki membran inti dan sel eukriotik yang memiliki membran inti .

Bagian dari sel meliputi membran plasma , nukleus dan sitoplasma. Membran plasma tersusun dari ilopprotein , yaitu adanya ikatan antara lemak dan protein . Tranpor membran adpat berlangsung secara pasif yaitu difusi , osmosis dan difusi terbantu dan transpor aktif yang memerlukan energi berupa ATP . Membran plasma terdapat pada sel tumbuhan maupun hewan . Sedangkan dinding sel hanya terdapat pada sel tumbuhan .

Nukleus berfungsi untuk mengendalikan aktifitas sel . Dalam nukleus terdapat nukleoplasma yang mengandung butir kromatin . Pada saat sel membelah , kromatin akan menjadi kromosom yang mengandung gen pembawa sifat keturunan . Selain butir kromatin , dalam nukleoplasma juga terdapat nuklelus yang berfugnsi untuk sintesis ribosom .


1 komentar:

tHi5 m0_n1_c4 blog..^_^ mengatakan...

hi yogi jelek.....
blognya keren juga coyy

ZODIAKKU